Senin, 19 April 2010

pembuatan film animasi

Tidak bisa dipungkiri, animasi dan berbagai ragam file multimedia lainnya selama beberapa tahun terakhir ini telah menjadi lambang dari kemajuan grafis di Internet. Banyak perusahaan yang berlomba-lomba mempercantik halaman situs web-nya dengan cara menghias situsnya menggunakan berbagai mecam animasi, baik itu untuk keperluan navigasi, jargon, online advertisement, dan seterusnya. Bahkan tak jarang perusahaan secara all out membuat seluruh bagian interface-nya dengan mempergunakan animasi dan kelengkapan multimedia lainnya. Hal tersebut ditempuh tidak lain untuk memperoleh tampilan yang maksimal dan 'hidup', serta diharapkan dapat lebih menarik pengunjung untuk berlama-lama ataupun selalu kembali lagi mengunjungi situs tersebut. Metode ini sering dipakai terutama oleh perusahaan di dunia entertainment, seperti Walt Disney, Cartoon Network, Warner Bross, dan masih banyak lagi.

Semua hal tersebut di atas itulah, sebenarnya yang telah mendorong industri aplikasi pembuat portal seperti Adobe untuk mengembangkan diri. Jika pada era sebelumnya banyak pihak yang mengandalkan Macromedia dengan berbagai kelengkapannya termasuk Flash untuk menggarap berbagai hal yang berkaitan dengan multimedia pada pembangunan sebuah situs web. Kini giliran Adobe yang telah mengambil alih produk-produk Macromedia tersebut untuk mengembangkan teknologi ini.

Selama ini pengunjung sering dihadapkan pada pilihan yang sulit jika ingin mendownload file animasi/film, jika mereka memilih file yang berukuran kecil maka proses download akan cepat selesai namun kualitas yang dihasilkan rendah. Tapi jika mereka memilih file film/animasi dengan kualitas tinggi maka ukuran file pasti akan membengkak sehingga proses download akan menjadi lama. Rupanya Adobe sangat tanggap membaca permasalahan ini dengan cara mengembangkan versi Flash Player yang baru, melanjutkan versi sebelumnya (Flash Player 8). Walaupun Flash Player versi 9 yang diberi code name 'Movie Star' ini masih dalam versi beta, namun pihak Adobe menjanjikan aplikasi Flash Player yang baru ini akan dapat mengatasi permasalahan yang ada. File Flash video yang boleh diputar adalah file Flas video dalam format H.264. Kelebihan lain yang dimiliki oleg 'Movie Star' ini adalah dapat membuat file dengan ukuran yang sama namun kualitas yang jauh lebih baik, walaupun beban prosesor juga akan bertambah.(dna)

www.beritanet.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar